Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

blogger templates
taman-nasional-gunung-gede-pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia, yang luasnya sekitar 15.196 ha sesuai berita tata batas di tahun 1982. Taman ini mempunyai peranan yang penting dalam sejarah konservasi di Indonesia dan ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1980. Di dalam kawasan hutan Taman Nasional Gunung Gede dapat Anda temukan “pohon raksasa” Rasamala, dan “si pemburu serangga” atau kantong semar (Nephentes spp).

Aktivitas
Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan habitat dari berbagai jenis satwa liar, seperti sejenis kumbang, lebih dari 100 jenis mamalia seperti Macan tutul, Pelanduk, Anjing hutan, Kijang,Sigung, dll, serta 250 jenis burung. Kawasan ini juga merupakan habitat bagi hewan Surili, Lutung, Elang dan Owa Jawa yang populasinya hampir mendekati kepunahan. Taman ini juga memiliki berbagai jenis spesies burung, ada 251 dari 450 species di Jawa menghuni Taman gunung gede pangrango termasuk juga elang jawa dan burung hantu.

Pemandangan dari puncak dan kawah Gunung ini sangat menakjubkan baik saat matahari terbit maupun terbenam. Dari sini Anda dapat melihat Gunung Krakatau, dan di bagian bawah seperti kota Sukabumi, Cianjur, dan Bogor. Di sini terletak tiga kawah aktif yaitu kawah Lanang, Wadon dan kawah Ratu, kesemua kawah itu menyatu dalam sebuah komplek pada ketinggian 2.958 m. Kawah-kawah ini dapat ditempuh dalam waktu 5 jam perjalanan dari Cibodas.

Lokasi
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terletak di Jalan Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Pintu masuk utama Taman ini adalah melalui jalan setapak yang berada di sebelah gerbang utama taman Cibodas. Cibodas terletak tak jauh dari rute utama jalan Jakarta-Bandung melewati Puncak, di Cipanas, kurang lebih dalam waktu 2 jam dari Jakarta.

Untuk memperoleh Surat Izin dan Denah lokasi hutan Anda dapat mengunjungi kantor Konservasi di:
Kantor Konservasi
Alamat : Jalan Raya Cibodas, Cipanas 43253, Cianjur, Jawa Barat.
Telepon: 0263-512776
Fax : 0263-519415
Email : tngp@cianjur.wasantara.net.id

0 Response to "Taman Nasional Gunung Gede Pangrango"

Loading....

Posting Komentar