Museum Zoologi Bogor

blogger templates
Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor merupakan museum yang berkaitan dengan dunia satwa yang diawetkan dan fosil hewan. Ada banyak aneka hewan yang terdiam menjadi patung di dalam museum ini dengan keunikan mereka masing-masing. Pengawetan fauna ini dimaksudkan untuk pendidikan dan ilmu pengetahuan. Pada awalnya museum zoologi didirikan sebagai Laboratorium untuk memberi wadah penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan binatang hama di bogor.

Aktivitas
Pengunjung dapat melihat ratusan hingga ribuan koleksi fauna yang di awet kan mulai dari burung, mamalia, ikan, reptil, moluskas, serangga serta inverterbrata. Mengunjungi museum zoologi merupakan kesempatan yang sangat berharga, karena jarang sekali menemukan ratusan fauna yang berada dalam satu tempat, di museum ini Anda juga bisa mengetahui seluk beluk dan berbagai informasi yang Anda perlukan tentang sebagian besar fauna di dunia.

Koleksi Museum Zoologi yang berada di gedung Widyasatwaloka, Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong meliputi 3,5% jumlah berdasarkan jenis fauna yang terdapat di Indonesia, dan dari keberagaman fauna di Indonesia hanya sekitar 0,05% seperti binatang (spesimen) yang dimiliki oleh Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi, LIPI.

Lokasi
Museum Zoologi terbagi menjadi dua tempat yang berbeda, tempat pertama dibuka setiap hari untuk umum yang berisi ruang pameran terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, sedangkan museum yang satunya lagi berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun sekali pada bulan Oktober, berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta - Bogor Km.46 Cibinong, Bogor. Kedua tempat museum zoologi ini dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi-LIPI.

0 Response to "Museum Zoologi Bogor"

Loading....

Posting Komentar