Museum Taman Prasasti

blogger templates
Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti adalah salah satu taman makam umum tertua di dunia. Makam yang merupakan peninggalan zaman VOC ini sudah berusia 213 tahun dan lebih tua dari pemakaman serupa di Singapura Fort Canning Park (1926), Gore Hill di Sydney (1868), Mount Auburn Cemetery di Cambridge, Amerika Serikat (1831) dan Makam La Chaise Cemetery di Paris (1803). Oleh karena itu, Museum Taman Prasasti sebenarnya layak disebut sebagai warisan budaya dunia dan patut diusulkan untuk masuk dalam UNESCO.

Museum Taman Prasasti yang bernuansa Eropa ini sebelumnya dikenal dengan nama Kebon Jahe Kober, Namun pada tahun 1975 saat masa kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin, makam ini ditutup dan dipindahkan. Sebagian kerangka di makam ini ada yang dibawa oleh kerabat keluarga ke Belanda. Sementara itu, sekitar 1.200 dari 5.000 nisan yang ada di makam ini masih tetap dipertahankan dan ditata ulang hingga akhirnya menjadi bagian dari Museum Taman Prasasti.

Aktivitas
Wisata museum dan sejarah pemakaman adalah agenda utama mengunjungi tempat ini dimana Anda dapat melihat karya seni abad di masa lampau. Nikmati juga keindahan karya seni bergaya Eropa yang terpahat jelas di tiap patung dan batu nisan yang menarik untuk dikagumi sebagai karya seni. 

Saat memasuki area pemakaman Museum Taman Prasasti, Anda akan diberikan pengalaman wisata tersendiri yang sempurna untuk kegiatan pengambilan video dan foto berlatar sejarah. Jelajahi dan temukan juga nisan-nisan tokoh penting pada zamannya. Di antara para tokoh sejarah yang makamnya masih ada adalah Dr HF Roll (1867-1935), yaitu penggagas dan pendiri sekolah kedokteran di STOVIA; Miss Riboet alias Miss Tjitjih (1900-1965); istri Gubernur Jenderal Inggris Thomas Stamford Raffles, yaitu Olivia Mariamne Raffles, yang meninggal di tahun 1814; serta ada pula makam aktivis muda nasional pada orde lama yaitu Soe Hok Gie (1942-1969).

Lokasi
Museum Taman Prasasti terletak di Jalan Tanah Abang No. 1, Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta. Museum ini berdekatan dengan Monas Jakarta.

0 Response to "Museum Taman Prasasti"

Loading....

Posting Komentar