Pulau Pramuka

blogger templates
Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini menjadi pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administratif di Kepulauan Seribu dengan luas permukaan sekitar 9 hektar. Di pulau ini terdapat sebuah sarana pelestarian bagi penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang saat ini jumlahnya mulai sedikit sehingga populasi nya dilindungi.

Pulau Pramuka dihuni oleh masyarakat yang sebagian besar merupakan nelayan dan penyedia usaha wisata berupa hotel dan penginapan. Kehidupan mereka terbilang cukup sejahtera dan sebagian besar bangunan rumah di pulau ini cukup memadai. Pulau Pramuka merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbesar di Kawasan Taman Nasional Laut, Kepulauan Seribu yang terdiri dari berbagai etnis, yaitu: Banten, Bugis, Betawi, dan Madura.

Aktivitas
Di sekitar perairan Pulau Pramuka terbilang bagus untuk Anda sepuasnya melakukan snorkeling atau menyelam karena memiliki air laut yang jernih serta berarus tenang. Kawasan pulau ini terbilang kaya dengan berbagai macam terumbu karang yang tersebar berwarna-warni yang dihiasi dengan beragam ikan yang berenang di dasar laut.

Di sekitar Pulau Pramuka terdapat beberapa titik untuk Anda menyelam atau snorkeling. Salah satu yang menarik untuk di kunjungi adalah di seputaran spot APL yang menyediakan beragam jenis ikan hias dan terumbu karang yang indah. disini juga terdapat spot karang sempit dengan beragam jenis terumbu karang berukuran besar.

Bagi Anda yang suka memancing dapat melakukanya di dermaga pulau ini tepatnya di bagian depan pulau pramuka. Pilihan lain adalah dengan menyewa sebuah kapal nelayan menuju lokasi yang dihuni banyak ikan besar.

Lokasi
Pulau Pramuka termasuk dalam kawasan Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta. Untuk menuju pulau ini Anda dapat menggunakan kapal kayu bermesin yang berkapasitas 50 orang menuju Pulau Pramuka, lama perjalanan yang ditempuh yaitu sekitar 2,5 jam dari Muara Angke.

0 Response to "Pulau Pramuka"

Loading....

Posting Komentar