Istana Bogor

blogger templates
Istana Bogor

Istana Bogor adalah salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan yang jarang Anda temui, hal ini dapat kita perhatikan dari segi aspek kebudayaan, historis, dan keunikan faunanya. Salah satunya adalah dengan keberadaan rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu hingga sekarang.

Luas istana bogor sekitar  1,5 hektar yang terdiri dari: Bangunan induk istana yang berfungsi sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara kenegaraan resmi, pertemuan, dan upacara. Pada Sayap kiri bangunan ini memiliki enam kamar tidur yang digunakan untuk menjamu tamu negara asing. Pada Sayap kanan bangunan memiliki empat kamar tidur yang hanya diperuntukan bagi kepala negara yang datang berkunjung. 

Pada tahun 1964 dibangun ruangan khusus yang dikenal dengan nama Dyah Bayurini sebagai ruang peristirahatan bagi presiden dan keluarganya, bangunan ini termasuk dalam lima paviliun terpisah, Kantor pribadi Kepala Negara, Ruang sidang para menteri dan ruang pemutaran film dokumenter, Ruang makan bersama, Ruang Garuda sebagai tempat upacara resmi, Perpustakaan dan Ruang teratai sebagai sayap tempat penerimaan tamu-tamu negara.

Aktivitas
Saat ini sudah menjadi kegiatan rutin bagi warga Bogor dan sekitarnya setiap akhir pekan dan hari libur lainnya berjalan-jalan di seputaran Istana Bogor sambil memberi makan rusa-rusa yang hidup di halaman Istana Bogor dengan wortel yang diperoleh dari para petani tradisional yang selalu siap sedia menjajakan wortel-wortel tersebut setiap hari libur. Walaupun berbagai kegiatan kenegaraan sudah tidak dilakukan lagi di istana ini, khalayak umum diperbolehkan mengunjungi secara beramai-ramai, namun sebelum memsauki kawasan istana ini harus meminta izin terlebih dahulu ke Sekretaris Kepresidenan Negara.

Lokasi
Istana Kepresidenan Bogor terletak di Jalan Ir. H. Juanda No.1, Kelurahan Paledang, Kota Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. sekitar 60 kilometer dari kota Jakarta atau 43 kim dari Cipanas. Istana ini sangat strategis karena berada di pusat kota Bogor, di atas tanah berkultur datar, seluas sekitar 28, 86 hektar, di ketinggian 290 meter dari permukaan laut.

0 Response to "Istana Bogor"

Loading....

Posting Komentar