Museum Tekstil

blogger templates
Museum Tekstil

Museum Tekstil merupakan museum pertama dan satu-satunya di indonesia, museum ini didirikan pada tahun 1975 yang didasari kesadaran bahwa tekstil modern telah banyak menggeser tekstil tradisional Nusantara Indonesia. Museum Tekstil hadir sebagai tempat untuk mendokumentasikan kekayaan dan ragam tekstil berupa kain tradisional Nusantara. Adapun penggagas museum ini adalah Kelompok Pecinta Kain Tradisional Indonesia (Wastraprema) yaitu Ir. Safioen, selaku Dirjen Tekstil Departemen Perindustrian di waktu itu.

Aktivitas
Koleksi museum tekstil terdiri dari benda-benda yang ada hubungannya dengan dunia pertekstilan di Indonesia dari akhir abad ke18 hingga saat ini. Koleksi tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu batik, koleksi kain tenun, koleksi campuran, koleksi kontemporer, peralatan pembuatan batik/tenun dan lainnya. Dari koleksi tersebut dapat Anda lihat dan dipelajari perkembangan dari motif-motif kain tekstil tradisional Nusantara dari masa ke masa.

Di museum tekstil, Anda dapat mengenal lebih dalam mengenai peralatan batik dan tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Selain menyimpan koleksi tradisional, Museum ini juga menampilkan koleksi tekstil modern karya perancang busana terkemuka hingga kini sebagai upaya untuk terus mendukung dan mengembangkan pertekstilan di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan Anda kunjungi atau hubungi pihak Museum Tekstil. Adapun untuk pengunjung Museum Tekstil buka pada hari dan jam berikut ini :

Museum Tekstil Indonesia
Selasa – Minggu: Pukul 09.00 s/d 15.00 WIB
Senin dan hari libur nasional, museum tekstil tutup.
Untuk Tiket masuk maka perorangan akan dikenakan tarif :
Dewasa : Rp5.000,-
Mahasiswa : Rp3.000,-
Anak-anak : Rp 2.000,-

Lokasi
Museum Tekstil terletak di Jalan Aipda K.S Tubun No. 2-4, Jakarta Pusat
Telp. (021) 560 6613
Fax. (021) 565 4401
Website. http://museumtekstiljakarta.com/
Email: mus_tekstil@yahoo.co.id

0 Response to "Museum Tekstil"

Loading....

Posting Komentar