Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

blogger templates
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman, taman ini memiliki luas sekitar 527 hektar yang membentang dari kawasan lembah Cikapundung, Dago Pakar sampai ke Maribaya kawasan lembah perbukitan Dago Utara. Kawasan hutan ini adalah tempat wisata, penelitian, pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan di lapangan terbuka. Taman Hutan Ir. H. Djuanda telah dijadikan sebagai kawasan hutan lindung sejak tahun 1922 saat masa pemerintahan Hindia Belanda.

Asal muasal nama Djuanda dipilih sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi dan jasa dari Ir. H. Djuanda untuk kepentingan bangsa Indonesia. Sebagaimana didalam sejarah, Ir. H. Djuanda Kartawidjaja termasuk salah satu aktor intelektual di balik peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan sempat menjadi Perdana Menteri di era Demokrasi Terpimpin.

Aktivitas
Kondisi alam di  Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda memberi ruang yang cukup bebas kepada pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan seperti menikmati pemandangan alam, mandi di air terjun, lintas alam, berkemah, dan lain-lain tentunya ditemani dengan suasana alam, fauna, flora, serta udaranya yang sejuk seakan pagi sepanjang hari.

Di kawasan taman hutan Ir. H. Djuanda terdapat berbagai fasilitas yang lengkap, seperti tempat bermain anak-anak, pusat informasi pariwisata dan jalan yang beraspal dan mulus menuju lokasi taman ini. Selain itu, di kawasan taman ini juga terdapat kafe terapung di atas kolam penampung air PLTA Bengkok dengan perahu untuk berkeliling.

Untuk memasuki kawasan taman hutan djuanda Anda akan dipungut biaya sebesar Rp10.000 dan Apabila membawa kendaraan, terdapat tambahan biaya parkir, yaitu Rp5.000 untuk sepeda motor, Rp10.000 untuk mobil, dan Rp20.000,00 untuk bus.

Reff: wonderful indonesia

Lokasi
Taman Hutan Ir. H. Djuanda terletak di Desa Ciburial, Kecamatan Cicadas, Desa Langensari dan Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Terdapat empat pintu masuk menuju Taman Hutan Raya Ir.H. Djuanda, yaitu pintu masuk I dan II dapat diakses melalui Dago Pakar, pintu masuk III berada di kolam pakar melalui PLTA Bengkok atau Curug Dago, dan pintu masuk IV berada di Maribaya, Lembang.

0 Response to "Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda"

Loading....

Posting Komentar