Museum Konferensi Asia-Afrika

blogger templates
museum-konferensi-asia-afrika

Museum Konferensi Asia-Afrika
merupakan museum bersejarah konferensi yang dihadiri pemimpin dari 29 negara di Asia dan Afrika dimana sebagian negara baru saja memperoleh kemerdekaan. Negara-negara tersebut berkumpul untuk bergandengan tangan menentukan masa depan Asia dan Afrika. Jumlah populasi Benua Asia dan Afrika mencakup seperempat permukaan bumi dengan total populasi lebih dari 1,5 miliar orang saat itu.

Konferensi Asia-Afrika menghasilkan 10 poin deklarasi yang dikenal dengan Deklarasi Bandung. Konferensi ini merupakan yang pertama dan selanjutnya dikenal sebagai Konferensi Bandung yang menjadi landasan untuk Gerakan Non-Blok. Museum Asia-Afrika dibangun untuk mengingatkan negara-negara yang ikut berpatisipasi dalam Konferensi Asia dan Afrika agar bertindak berdasarkan prinsip-prinsip Deklarasi Bandung. 

Gagasan pendirian Museum Konferensi Asia-Afrika di Gedung Merdeka dipimpin oleh Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja yang disampaikan dalam pertemuan Komite untuk memperingati HUT ke-25 Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1980. Ide tersebut kemudian didukung oleh Presiden Soeharto. Museum ini pun diresmikan Presiden Soeharto pada tanggal 24 April 1980 saat HUT ke 25 Konferensi Asia-Afrika.

Aktivitas
Mengunjungi Museum Asia-Afrika sudah menjadi suatu jadwal yang wajib bagi Anda yang berkunjung ke Bandung. Karena, di museum ini pengunjung bisa melihat beberapa ruangan yang disediakan dimana memuat sejarah konferensi asia-afrika dan profil dari negara-negara di kedua benua yang merumuskan konferensi tersebut.

Museum Konferensi Asia-Afrika memiliki ruangan pameran tetap yang khusus untuk memamerkan koleksi benda tiga dimensi, foto dokumenter, Pertemuan Bogor, Konferensi Kolombo, dan konferensi Asia-Afrika 1955. Ruangan ini juga menyediakan beberapa informasi bersejarah lainnya seperti: Peristiwa bersejarah yang menjadikan latar belakang dari Konferensi Asia-Afrika, Perubahan Gedung Merdeka dari waktu ke waktu, Profil dari negara-negara peserta Konferensi Asia-Afrika.

Lokasi
Museum Konferensi Asia-Afrika terletak di Jalan Asia - Afrika, Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di seberang Hotel Preanger dan Hotel Savoy Homann tempat di mana para peserta delegasi Konferensi Asia-Afrika menginap. Jadwal buka Museum ini setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 hinggah pukul 15.00 WIB.

0 Response to "Museum Konferensi Asia-Afrika"

Loading....

Posting Komentar