Taman Wisata Alam Pangandaran

blogger templates
Taman Wisata Alam Pangandaran

Taman Wisata Alam Pangandaran merupakan satu-satunya objek wisata hutan yang ada di Pangandaran, Ciamis. Taman ini berdiri di lahan seluas 530 hektar dan topografinya sebagian besar landai berkisar 2 hingga 3 meter di atas pemukaan laut. Pada beberapa tempat terdapat tonjolan bukit kapur yang terjal dengan puncak tertinggi sekitar 20 meter di atas permukaan laut. Keindahan alam Pangadaran tidak hanya keindahan pantai nya saja namun juga memiliki cagar alam yang sangat indah.

Taman ini memiliki kekayaan sumber daya hayati berupa flora, fauna dan keindahan alam nya. Hutan sekunder di taman ini berumur sekitar 50-60 tahun dengan jenis dominan antara lain kisegel, laban, merong dan sebagainya. Juga terdapat beberapa jenis pohon peninggalan hutan primer seperti pohon kondang dan benda. Hutan pantai hanya terdapat di kawasan bagian timur dan barat, ditumbuhi pohon formasi Barringtonia, seperti butun dan ketapang.

Aktivitas
Banyaknya fauna dan flora yang berkembang biak di TMA Pangandaran merupakan daya tarik tersendiri. Tidak heran jika taman ini tidak pernah sepi dari kunjungan para pengunjung. Selain itu, Taman ini juga mempunyai berbagai daya tarik lainnya, seperti Batu Kalde, salah satu peninggalan sejarah zaman kerajaan Hindu. Terdapat juga banyak gua alam, gua buatan dan gua peninggalan jepang seperti Gua Lanang, Gua Panggung, Gua Parat, Gua Sumur Mudal.

Daya tarik lainnya yang dapat Anda kunjungi di Taman Wisata Alam Pangandaran, baik yang berada di kawasan cagar alam darat maupun cagar alam laut, adalah Cirengganis, Batu Layar, Pantai Pasirputih di kawasan cagar alam laut. Selain itu juga ada padang pengembalaan Cikamal, yaitu sebuah areal padang rumput dan semak seluas 20 hektar sebagai habitat bagi banteng dan rusa. terdapat juga air terjun yang berada di kawasan cagar alam bagian selatan, Anda dapat menempuh nya dengan berjalan kaki selama 2 jam melalui jalan setapak.

Lokasi
Pangandaran merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Ciamis yang terletak di semenanjung pantai selatan Jawa Barat yaitu sekitar 91 km dari pusat kota. Secara administratif Taman Wisata Alam Pangandaran berada di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran.

0 Response to "Taman Wisata Alam Pangandaran"

Loading....

Posting Komentar