Museum Ranggawarsita

blogger templates
Museum Ranggawarsita
Museum Ranggawarsita merupakan  museum yang memamerkan berbagai warisan budaya dan sejarah di Jawa Tengah. Museum ini dinamakan Ranggawarsita, karena berdasarkan pertimbangan Rongowarsito salah satu pujangga Indonesia terkenal ia telah banyak meninggalkan kebudayaan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Jawa pada khususnya yaitu berupa buku-buku dan naskah dalam bidang filsafat dan kebudayaan.

Museum ini memiliki total koleksi mencapai 59.784 unit yang terdiri dari berbagai jenis kategori koleksi. Koleksi terbanyak adalah kategori numismatik - heraldika yang mencapai 44.961 unit, yaitu mata uang dan tanda pangkat. Kategori etnografi sebanyak 6.803 unit, koleksi benda-benda arkeologi berjumlah 5.211 unit. koleksi keramik sebanyak 1.199 unit, biologi 617 unit, historika 318 unit, seni rupa 397 unit, geologika batuan alam sebanyak 200 unit, dan dari kategori filologika, berupa naskah atau manuskrip sebanyak 6 unit dan teknologika, seperti mesin ketik kuno sebanyak 42 unit.

Museum Ranggawarsita memiliki luas bangunan kira-kira 8.438 m persegi. Yang mencakup pendopo, gedung pameran tetap, gedung pertemuan, perpustakaan, laboratorium dan perkantoran. Arsiterturnya adalah Ir. Totok Rusmanto, museum ini dibangun dengan dana proyek dari rehabilitasi dan perluasan museum di Jawa Tengah dan pembanguanan fisik yang dilakukan secara bertahap.

Aktivitas
Di Museum Ranggawarsita Semarang, Anda akan melihat 100 koleksi keramik kuno yang ditemukan di dasar laut. Keramik yang ditemukan di dasar laut itu merupakan hibah dari Direktorat Bawah Air Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata sebanyak 100 buah. Keramik-keramik tersebut ditemukan di perairan Bangka Belitung, dan kemungkinan besar berasal dari salah satu zaman dinasti China dari beberapa zaman dinasti yang berbeda. Bentuk keramik itu bermacam-macam, diantaranya piring dan mangkuk yang berukuran bervariasi, antara 4-5cm untuk mangkuk kecil dan terbesar berukuran sekitar 15 cm.

Beberapa kegiatan teknis yang sering dilakukan adalah kegiatan yang bersifat edukatif dan publikasi seperti bimbingan penyuluhan tenaga, administrasi kebudayaan dan bimbingan karya tulis. Kegiatan pameran diantaranya kegiatan inventarisasi, yaitu kegiatan pencatatan semua koleksi dan peralatan museum. Pameran nasional yang dilaksanakan bersama-sama dengan museum-museum propinsi se-indonesia dengan materi pameran yang bersifat khusus.

Lokasi
Museum Ranggawarsita terletak di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 1 Kalibanteng Kulon Semarang Jawa Tengah, Indonesia. Jaraknya berdekatan dengan bandara Ahmad Yani di Semarang atau hanya 4 km jauhnya dari pusat kota ke arah barat.

0 Response to "Museum Ranggawarsita"

Loading....

Posting Komentar