Wisata Mistis di Lawang Sewu

blogger templates
Lawang Sewu

Lawang Sewu (Seribu Pintu) adalah sebuah gedung tua di kota Semarang yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau disingkat NIS. Gadung ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada thn 1907. Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak, kurang dari seribu pintu. Namun kenyataannya, pintu yg ada tidak sampai seribu. Bangunan ini juga memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga banyak orang yang sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

Sejarah
Menurut catatan sejarah, gedung lawang sewu pernah menjadi lokasi pertempuran berdarah antara Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) melawan Kempetai dan Kidobutai Jepang. Pertempuran ini dikenal sebagai Pertempuran Lima Hari di kota Semarang yang berlangsung pada tanggal 14-19 Oktober 1945. Karena peristiwa sejarah inilah, maka pemerintah kota Semarang meresmikan Lawang Sewu sebagai bangunan tua yang patut untuk dilindungi.

Saat ini, gedung lawang sewu sesekali digunakan sebagai halaman sebuah pagelaran yang besar, dan menurut kabarnya pernah akan dijadikan sebagai hotel. Karena lokasinya yang angker tersebut, sineas film menjadikan gedung tua ini sebagai lokasi syuting dengan judul yang sama dan mengangkat tema film horor.

Aktivitas
Wisata Mistis di Lawang Sewu
Ketika Anda masuk ke dalam gedung lawang sewu, Anda harus membiasakan diri dengan kondisi ruangan yang remang-remang, pengap dan mungkin inilah salah satu faktor yang menjadikan suasana di dalam ruangan ini terasa mencekam. Terlepas dari suasanya yang penuh dengan mistis, gedung ini sangat artistik dan indah. Anda bisa melihat kaca patri yang warna-warni dengan aksen yang unik hasil karya seni yang menakjubkan. Dari semua ruangan yang ada di dalam gedung ini, hanya satu yang bisa dibuka. Ruangan tersebut adalah ruangan kerja pejabat tinggi Belanda. Hal ini dapat Anda lihat dari fasilitasnya seperti kamar mandi yang menyatu dengan ruangan dan balkon yang menghadap ke Tugu Muda.

Menurut kesaksian dari beberapa pengunjung, mereka pernah melihat sosok aneh yg menampakkan diri. Jika Anda punya nyali yang besar dan ingin membuktikan kebenaran berita tersebut, Anda bisa datang di atas jam 23.00 WIB karena Penjaga Lawang Sewu (pemandu) siap menerima Anda selama 24 jam.

Lokasi
Gedung tua lawang sewu terletak di Jalan Pemuda tepatnya di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut dengan Wilhelminaplein.


0 Response to "Wisata Mistis di Lawang Sewu"

Loading....

Posting Komentar