Museum Manusia Purba - Sangiran

blogger templates
Daftartempat.com - Sangiran adalah sebuah situs purbakala dan arkeologi manusia purba di jawa tengah, Tempat ini merupakan lokasi penemuan beberapa fosil manusia purba yang memberikan informasi lengkap tentang sejarah kehidupan manusia purba meliputi pola kehidupan, asal habitat, binatang yang hidup bersamanya, hingga proses terjadinya bentang alam dalam kurun waktu tidak kurang dari 2 juta tahun (Pliosen Akhir hingga akhir Pleistosen).

Museum Manusia Purba - Sangiran

Situs Sangiran memiliki nilai yang tinggi bagi ilmu pengetahuan masyarakat Indonesia. Sejak tahun 1977 Sangiran ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sebagai cagar budaya, dan di tahun 1996 Situs Sangiran terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai World Heritage. Sejak ditetapkannya sebagai World Heritage oleh UNESCO, Sangiran memberi sumbangannya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di dunia khususnya ilmu arkeologi, paleoanthropologi, geologi, dan biologi. Dilihat dari hasil temuannya, Situs Sangiran merupakan situs purbakala yang paling lengkap di Asia bahkan di dunia.

Aktivitas
Situs Sangiran merupakan obyek wisata ilmiah yang menarik untuk Anda kunjungi, Di sini Anda dapat menikmati wisata ilmiah fosil manusia purbakala diantaranya adalah Homo erectus yang ditemukan di wilayah Sangiran ada sekitar lebih dari 100 individu yang mengalami masa evolusi tidak kurang dari 1 juta tahun. Selain manusia purba, juga ditemukan berbagai fosil tulang-belulang hewan-hewan bertulang belakang (Vertebrata), seperti Hippopotamus (kuda nil), buaya (kelompok gavial dan Crocodilus), harimau purba, berbagai rusa, dan gajah purba (stegodon dan gajah moderen).

Sangiran

Di area museum manusia purba terdapat menara pemantau berlantai tiga dilengkapi teleskop untuk melihat ‘Kubah Sangiran’. Tidak hanya itu, di lantai dasar juga tersedia home theater. Anda akan disuguhi film tentang sejarah Sangiran dan manusia prasejarah berdurasi 20 menit.

Setelah berkeliling dan melihat wilayah Sangiran lewat teleskop dan film maka lanjutkan kunjungan Anda ke Museum Prasejarah Sangiran. Untuk dapat masuk ke sana Anda hanya dikenakan biaya tiket sekitar Rp1.500,00.

Lokasi
Museum Manusia Purba - Sangiran terletak di kaki Gunung Lawu, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen - Jawa Tengah, atau sekitar 15 km utara kota solo di lembah Sungai Bengawan Solo. Belum ada akses angkutan umum ke sini. Jadi sebaiknya Anda menyewa mobil atau motor.

0 Response to "Museum Manusia Purba - Sangiran"

Loading....

Posting Komentar